Rabu, 01 Juni 2011

AGAMA-AGAMA di JAZIRAH ARAB SEBELUM KEDATANGAN ISLAM - 3

3. Agama Yahudi

    Tidak ada sumber yang akurat mengenai kapan masuknya agama Yahudi di wilayah Arab. Namun, sebagian buku-buku sejarah meyebutkan sekitar lima abad sebelum masehi telah terjadi eksodus besar-besaran penganut Yahudi dari wilayah Syam menuju Hijaz dan akhirnya tinggal di tempat tersebut. Namun, sebelumnya diperkirakan di wilayah Arab Utara telah dimasuki agama ini. Perjalanan masuknya agama ini ke Arab di mulai dari kisah Nabi Musa as. di Mesir. Agama Yahudi sebelum terjadi tahrif (perubahan) adalah berasal dari syariatnya Nabi Musa as. Agama ini pada mulanya lahir di Mesir sekitar 14 SM dengan Musa sebagai pembawa risalahnya. Tatkala penguasa Mesir ketika itu, Firaun yang mengaku dirinya Tuhan menolak dan menentang ajaran Musa as. Karena dianggap akan mengancam kekuasaan dan pengaruh firaun, Musa dan pengikutnya keluar dari Mesir. Dengan keajaiban yang jauh di luar kemampuan manusia biasa, mereka menyeberangi Laut Merah yang terbelah membentuk jalan menuju daratan Padang Sinai. Fir'aun dan tentaranya  yang mencoba  mengejar ditenggelamkan oleh Allah dengan menutupnya kembali lautan yang terbelah tersebut. Kisah Musa as. dan Fir'aun ini berulang kali diceritakan dalam Al- Qur'an.

    Kemudian setelah 45 hari perjalanan, sampailah Musa di Padang Sinai. Dari Padang Sinai ini, Musa dan pengikutnya berangkat menuju Palestina. Peristiwa ini diperkirakan terjadi sekitar tahun 1491 SM. Di sinilah, Musa mengembangkan dakwahnya sehingga di kemudian hari agama ini masuk ke tanah Arab.

    Yatsrib dan yaman adalah dua wilayah Arab yang banyak dimasuki agama yahudi. Di kemudian hari, kurang lebih tahun 578 SM, terjadi penaklukan Palestina oleh Babilonia dan Asiria secara besar-besaran oleh Raja Nebukadnezar. Negeri serta Haikal peninggalan orang Yahudi dihancurkan sehingga terjadi eksodus besar-besaran penganut Yahudi menuju daerah Hijaz dan kebanyakan dari mereka bertempat di wilayah Arab Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar