Kamis, 02 Agustus 2012

Lagi, Imam asy-Syafi’i Bertabarruk dengan Bajunya Imam Ahmad bin Hanbal



Di dalam kitab Thabaqat asy-Syafi’iyyah al-Kubra karya Imam Taajuddin as-Subki pada juz 2 halaman 36 (kitab ini dapat diunduh di http://waqfeya.net/book.php?bid=1283), disebutkan bahwasanya imam asy-Syafi’i Radhiyallaahu ‘anhu bertabarruk dengan bajunya imam Ahmad bin Hanbal Radhiyallaahu ‘anhu. Berikut ini riwayat lengkapnya:


Berkata ar-Rabi’ bin Sulaiman, bahwasanya imam asy-Syafi’i Radhiyallaahu ‘anhu pergi ke Mesir.
Beliau berkata kepadaku: “Wahai Rabi’ ambil kitabku ini, bawa pergi serta sampaikan kepada Abi Abdillah (Yakni al-Imam Ahmad bin Hanbal Radhiyallaahu ‘anhu) dan bawakan kepadaku jawaban dari beliau”.
Berkata ar-Rabi’, “Kemudian aku memasuki kota Baghdad dan ada padaku sebuah kitab. Aku menghadap kepada al-Imam Ahmad ibn Hanbal di waktu sholat Shubuh. Manakala beliau melangkah dari mihrab, aku sampaikan kitab tersebut kepada beliau, dan aku katakan kepada beliau bahwasanya kitab ini dari saudara engkau yang berada di Mesir. Kemudian beliau berkata kepadaku: “Apakah engkau telah melihat apa yang terdapat di dalamnya?“ Aku menjawab, “Tidak.“ Maka kemudian beliau segera membuka segelnya dan membacanya, dan terlihat mata beliau berlinang penuh air mata. Aku berkata kepada beliau, “Ada apa di dalamnya wahai Abu Abdillah?“ Beliau menjawab, “Disebutkan di dalamnya bahwasanya beliau (imam asy-Syafi’i Radhiyallaahu ‘anhu) melihat Rasulullah Shollallaahu ‘alaihi wa sallam di waktu tidur. Kemudian Beliau Shollallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan: Tulislah, kemudian sampaikan kepada Abu Abdillah, dan Beliau Shollallaahu ‘alaihi wa sallam pun membacakan (apa yang harus dituliskan) dan katakan kepadanya sesungguhnya engkau akan diuji dan dipaksa mengatakan bahwa Alquran itu makhluq, maka jangan engkau turuti permintaan mereka itu, niscaya Allah akan meninggikan panji bagi engkau hingga hari akhir.“”
Berkata ar-Rabi’, “Maka aku katakan kepada beliau, ini berita baik wahai Abu Abdillah.” Maka beliau langsung melepas salah satu bajunya yang menempel di kulit beliau dan memberikannya kepadaku. Dan aku mengambil jawaban dari beliau ini, kemudian aku pergi ke Mesir dan segera menyampaikannya kepada al-Imam asy-Syafi’i Radhiyallaahu ‘anhu.
Beliau al-Imam asy-Syafi’i Radhiyallaahu ‘anhu berkata, “Apa yang akan engkau berikan kepadaku?” Aku jawab, “Baju dari beliau”. Kemudian beliau berkata, “Janganlah engkau merasa tertekan. Segeralah engkau basahi baju itu dengan air, karena aku ingin bertabarruk dengannya.” (Thabaqat asy-Syafi’iyyah al-Kubra, juz 2, halaman 36)

Lihatlah, bagaimana Ulama’ sekaliber Imam asy-Syafi’i Radhiyallaahu ‘anhu saja bertabarruk dengan baju yang pernah menempel di kulit orang shalih, dalam hal ini adalah bajunya Imam Ahmad bin Hanbal Radhiyallaahu ‘anhu. Tentunya tidak mungkin tindakan beliau ini menyelisihi Al-Qur’an dan as-Sunnah, karena beliau adalah seseorang yang ahli di bidang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar